Cara Setting Streaming Musik dari WinAmp Laptop ke Smartphone via WiFi

152 views

 

SALIRA NEWS | TASIKMALAYA – Ini saya lakukan untuk kesenangan belaka dan hobby mengotak-ngatiknya karena memang dari dulu saya suka mendengarkan musik, sampai dengan teknologi sekarang pun saya masih suka mendengarkan musik, baik itu lewat streaming radio-radio online, maupun lewat radio konvensional manual di gelombang FM.

Pada kesempatan yang baik dan cerah ini, saya ingin berbagi pengetahuan tentang Bagaimana Cara Mudah untuk Setting Streaming Audio atau Musik atau bahkan Voice kita yang berasal dari WinAmp Laptop (atau bisa saja dari perangkat Mixer yang dihubungkan ke laptop).

Kemudian musik yang di play di WinAmp Laptop kita tersebut bisa diterima / di tangkap / di play di HP Smartphone via Jaringan WiFi di Rumah kita.

Jadi nantinya, jika ada orang lain di rumah kita yang ingin mendengarkan lagu, bisa streaming ke lagu-lagu yang sedang kita play di laptop, dengan syarat, orang tersebut memang sudah terhubung ke Jaringan WiFi kita, lalu si orang tersebut mengunjungi suatu link (alamat web) yang kita berikan, lalu dia ketik di Browser HP nya, maka seketika streaming musik akan mulai di mainkan di HP orang tersebut. Seru dan Unik, bukan? (ini tidak menggunakan quota internet, jadi benar-benar lokal hanya berlaku di rumah kita saja, berlaku hanya kepada yang bisa menangkap sinyal WiFi Laptop kita saja.

Baiklah, itulah intermezo nya, sekarang kita langsung ke Step by Step nya saja agar Sobat Salira tidak terlalu bosan dan jenuh membaca postingan saya ini.

Inilah Cara Setting Streaming Musik (Audio) dari Program WinAmp yang ada di Laptop ke Smartphone via koneksi WiFi di laptop kita tersebut:

1. Aktifkan dulu Sistem WiFi di Laptop kita nya. Caranya sudah ada yang membuat artikel hebat dan penjelasan tentang itu dan memang sudah terbukti berhasil saya lakukan. Artikel nya ada di “Cara Membuat Komputer Menjadi Hotspot Wifi Dengan Cmd“.

Jika pada saat mengaktifkan WiFi Laptop sobat, tiba-tiba ada muncul error “The Hosted Network Couldn’t Be Started” Pada Saat Menyalakan Hotspot, bisa di atasi dengan penjelasan artikel ini: “Solusi Untuk The Hosted Network Couldn’t Be Started Pada Saat Menyalakan Hotspot“.

Ada juga video nya, ini cara setting nya sobat: ini dia:

2. Jika sudah berhasil membuat sambungan Jaringan WiFi dari Laptop sobat ke Smartphone sobat (terserah mau dengan sekalian meng aktifkan akses internet, ataupun menonaktifkan internet nya, sebagaimana dijelaskan di atas), maka sekarang saatnya kita menginstall software untuk keperluan streaming musik nya, sbb:

3. Sobat install program ini “Stream What You Hear” di Laptop sobat tersebut

4. Setelah beres di install, sobat buka program tersebut, lalu klik pada menu Tools – HTTP Live Streaming (di program tersebut). Nanti akan tampil kotak dialog. sobat copy link nya, misalnya begini: http://185.145.324.1:85625/stream/swyh.mp3 (ini hanya contoh)

5. Nah, kode http://185.145.324.1:85625/stream/swyh.mp3 tersebutlah yang harus di ketik oleh User yang ingin mendengarkan Live Streaming Musik dari laptop kita. Jadi user harus input alamat itu di browser HP masing-masing mereka, baru nanti bisa mulai mendengarkan streaming musik yang kita putar di winamp laptop kita.

Ini video bukti hasil ujicoba saya:

Demikian, semoga bermanfaat. (SN – PP)

Tags: #Cara #Laptop #Musik #Netbook #Setting #Smartphone #Streaming #WiFi #WinAmp