Pengendara Motor, Hati-hati Jika Tidak Pakai Pelindung Kepala dan Leher

127 views

 

SALIRA NEWS | TASIKMALAYA – Musim Permainan Layangan (Layang-layang) sepertinya sudah mulia Tiba, karena ditunjang dengan terjadinya Musim Kemarau (walau kadang di hari-hari tertentu turun hujan sangat deras seperti yang sekarang terjadi yaitu ketika saya menulis berita ini, 2/4/2018).

Permainan Legendaris Layangan memang tidak akan ada matinya dari tahun ke tahun, dan permainan ini sudah menjadi Ciri khas Budaya kita sejak lama. Semua orang, terutama Kaum Adam (Laki-laki) tentunya 99% adalah Suka memainkan Layang-layang. Dan sampai zaman sekarang pun (2018) terus berlanjut dari generasi ke generasi.

Tidak hanya dimainkan oleh Anak-anak kecil, tetapi para pemuda dan orang tua pun masih banyak yang bermain layangan ini, tentunya mereka (pemuda) memainkannya dengan Style dan teknik yang sedikit banyak berbeda dengan teknik anak-anak dalam cara memainkannya. Jika anak-anak hanya memainkan layangan yang berukuran kecil (disebut layangan kodian) dan dengan ketinggian rendah, maka bagi orang dewasa (pemuda), mereka menerbangkan layangan dengan setinggi mungkin merupakan kebanggaan dan kesenangan tersendiri, apalagi jika sampai ada lawan untuk di-adu kan, pasti seru.

Dalam hal permainan layangan, tentu ada sisi positif juga ada negatif. Positif adalah mampu membuat gembira dan senang orang yang bermain layangan tersebut, sisi negatifnya, terkadang menimbulkan dampak peluang bahaya kepada orang lain jika tali (bola) layangan tersebut menyangkut ke leher pengendara sepeda motor di jalan raya, yaitu pengendara motor yang sedang mengendarai motor berkecepatan tinggi, jelas bahayanya sangat fatal, karena tali layangan sangat tajam dan bahaya untuk muka serta leher para pengendara motor.

Memang, kita tidak dapat sepenuhnya menyalahkan pemain layangan, karena ini benar-benar di luar kendali dan di luar kemauan yang bermain layangan. Salah-satu cara untuk meminimalisir bahaya tali layangan yang melintas di jalan raya adalah Pengendara motor dapat memakai pelindung kepala (helm) dan pelindung leher (bisa dengan jaket khusus).

Tetapi ada yang lebih hebat yaitu dengan memasang seutas logam besi yang didesain melengkung di kendaraan motor, melingkar setengah lingkaran dari depan ke belakang dan melindungi pengendara motor juga melindungi orang yang di bonceng di sepeda motor tersebut, ini benar-benar ide bagus dan patut di contoh oleh kita, coba Anda (sobat salira) perhatikan desain nya pada foto yang kami tampilkan di atas postingan artikel berita ini.

Semoga bermanfaat untuk semua pihak. Amin. (SN – PP)

Tags: #Kepala #Leher #Motor #Pelindung #Pengendara